Langsung ke konten utama

Review Windows 10 di Komputer Core 2 Duo E8400 Kuatkah?


Halo semuanya! sudah lama saya tidak ngeblog. Akhirnya saya kembali membuat postingan di blog saya. Saya akan mereview Windows 10 di komputer saya yang sudah saya upgrade sebelumnya.

Baca juga : Upgrade PC




Windows 10 yang saya instal di PC saya ini adalah Windows 10 Pro 64 bit build 1511. Ini adalah build Windows 10 yang dirilis pada bulan November 2015. Windows 10 yang saya pakai merupakan versi lawas. Versi Windows 10 terbaru saat ini adalah Windows 10 build 1909 yang dirilis pada September 2019. Kenapa saya pakai Windows 10 versi lama? kan sudah ada versi terbarunya. Alasan saya memilih Windows 10 versi lama adalah karena lebih ringan dibandingkan Windows 10 versi terbaru. Karena komputer saya jadul processornya masih Core 2 Duo socket 775 dan RAM masih DDR2 4 GB kalau diinstal Windows 10 versi terbaru menurut saya akan terasa berat meskipun RAMnya 4GB. Saya belum pernah coba Windows 10 versi terbaru di PC saya tapi saya bisa membayangkan betapa beratnya Windows 10 versi terbaru itu dan saya tidak punya installernya. Saya hanya punya installer Windows 10 build 1511 64 bit dan saya instalkan pada komputer saya.

Setup Windows 10
Proses instalasi Windows 10



Sudah sebulan yang lalu saya menggunakan Windows 10 di komputer saya yang speknya masih dibilang jadul ini. Ternyata Processor Core 2 Duo E8400 kuat menjalankan Windows 10 Pro 64 bit Build 1511. Sekali lagi ini Windows 10 versi lawas bukan versi terbaru. Pada saat saya menginstal Windows 10, proses instalasinya memang lama. Pas komputerku boot ke installer Windows 10 hanya sampai di logo Windows saja. Saya coba tunggu sekitar 10-15 menit baru bisa masuk ke setup Windows 10. Mungkin karena motherboard saya lambat tapi bukan berarti motherboard saya tidak support Windows 10 atau menolak diinstal Windows 10. Saya pakai motherboard chipset G31 merk ECS PCCHIP P43G. Setelah saya masuk ke setup Windows 10 saya lanjutkan proses instalasinya sampai selesai. Setelah proses instalasi selesai langsung saya install driver dan software yang dibutuhkan. Untuk drivernya saya cari di internet sesuai dengan motherboard yang saya gunakan dan ternyata ada untuk Windows 10. Saya coba instal drivernya seperti driver sound, chipset, LAN, dsb. Untuk driver vganya karena saya pake vga eksternal atau offboard maka saya cari driver vga yang saya pakai itu untuk Windows 10. Saya pakai vga NVIDIA GeForce 210 di komputer saya. VGA itu memiliki spesifikasi VRAM 512MB 64bit DDR3. Speknya kalau dibuat main game jaman now memang sangat kurang. Tapi bagi saya itu sudah cukup karena saya bukan gamers. Game yang ada di komputer saya cuma osu! dan itupun tidak butuh vga yang tinggi. Meskipun VGA saya jadul namun driver untuk Windows 10 ternyata ada dan saya instal. Untuk software yang saya instal seperti biasa saya instal antivirus, office, photoshop, browser, dll. Untuk officenya saya masih pakai Microsoft Office 2007. Kenapa Office 2007? kenapa gak pakai office 2013 atau 2016? Karena Office 2007 menurut saya ringan dan terlihat lebih user friendly apalagi bagi pengguna awam. Dan ternyata Office 2007 bisa diinstal di Windows 10. Jadi saya instal Office 2007 di Windows 10. Di Windows 10 fiturnya lebih lengkap dibanding Windows 7. Browser bawaan Windows 10 ada 2 yaitu Internet Explorer 11 dan Microsoft Edge meskipun saya menggunakan Google Chrome sebagai browser default. Selain itu, di Windows 10 juga ada Calendar, Store, Alarm, dsb. Di Windows 10 ternyata juga terinclude Windows Media Player 12 meskipun sudah ada pemutar musik dan video bawaan Windows 10. Sebenarnya buat apa Windows Media Player dimasukkan juga di Windows 10 meskipun sudah ada pemutar musik dan video bawaan Windows 10 apalagi kalau pakai software pihak ketiga seperti VLC dan MPC.

Setelah selesai instal-instal, saya gunakan untuk bermain osu!. Dan ternyata lancar jarang nge lag pas main game. Saya juga pakai buat browsing menggunakan Google Chrome versi terbaru lancar dan saya pakai buat nonton youtube juga lancar nggak patah-patah. Kalau saya pakai buat VirtualBox saya coba instal Windows 10 di VirtualBox saya pikir akan ada masalah karena di Windows 7 selalu terjadi masalah saat instal Windows 10 di VirtualBox tapi waktu saya coba di Windows 10 ternyata proses instalasi berjalan lancar tanpa ada masalah. Kalau ada yang belum tahu apa itu VirtualBox berdasarkan artikel yang saya ambil di Wikipedia Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Jadi software tersebut merupakan emulator untuk mencoba atau menjalankan OS tambahan tanpa instal ulang atau dualboot. Back to topic. Saya juga coba buat jalankan program JAVA yang pernah saya buat menggunakan software NetBeans ternyata juga lancar. Windows 10 Pro 64 bit yang saya pakai memakan RAM sekitar 1GB saat idle. Besar juga ternyata RAM usagenya. Untung RAM komputer saya sudah 4GB jadi nggak ngelag saat dibuat multitasking.

PCnya saya buat nonton channel Squashy Boy lancar nggak ngelag

Kesimpulannya Core 2 Duo E8400 masih sanggup untuk menjalankan Windows 10 build 1511 64 bit meskipun masih menggunakan RAM DDR2. Meskipun Windows 10 lancar dengan spesifikasi PC yang saya punya, namun saya tetap sarankan pakai Windows 7 Ultimate 64 bit karena lebih ringan dan lebih user friendly. Tapi kalau mau pakai Windows 10 juga nggak masalah tapi pilih yang versi lawas. Cuma jangan diinstal Windows 10 versi terbaru karena berat ya meskipun saya belum pernah coba. Saya sudah sebulan pakai Windows 10 di PC saya dan saya buat aktivitas sehari-hari ternyata jarang sekali ngelag. Saya menulis postingan ini di komputer saya yang sudah pakai Windows 10.

Catatan: Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri memakai Windows 10 di PC saya dengan spesifikasi yang saya punya saat ini. Jika anda memiliki spesifikasi PC yang sama seperti saya, saya tetap sarankan pakai Windows 7 saja. Ini untuk mencegah hal yang tak diinginkan terjadi.

Sekian postingan kali ini. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan. Semoga bermanfaat!

Komentar

  1. Kebetulan nih saya memang berencana mau upgrade PC tapi yg Speknya ramah dikantong sekalian belajar ngerakit sendiri...Ok mas dicatat Windows 10 Bulid 1151 64 Bit..ga papa versi jadul yg penting sudah windows 10. Berarti updatenya di off kan semua ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya updatenya di off pake software win update stop

      Hapus
  2. Mantap mas, otewe intal di core2duo juga.

    BalasHapus
  3. Kebeneran ane mau install juga w10,mungkin agak lebih work x ya soalnya pake DDR3 board ECS

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang lebih baik pake RAM DDR3. Itu biasanya ada di chipset G41 untuk socket 775 tapi gk semua chipset G41 punya slot RAM DDR3.

      Hapus
  4. Salah satu penyebab utama windows 10 LELET (bahkan di core i5 adalah fitur REALTIME VIRUS PROTECTION punya windows (kalau di task manager namanya Antimalware blabla). Ini banyak dikeluhkan pengguna laptop centrino karena makan cpu dan memory banyak sekali. Solusinya: non aktifkan realtime protection: di kotak search, ketik Windows Security, lalu virus protection, cari "manage setting" lalu klik tombol biru di Realtime setting shg jadi tombol warna putih.
    Dijamin jauh lebih cepat buka aplikasi! Tapi utk proteksi virus better cari yg lebih ringan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi karena itu yg membuat win 10 lelet. Saya pake win 10 (versi 1511) di PC saya yg masih core 2 duo lancar2 aja kok. Selama ini saya nggak pernah memperhatikan fitur itu. Thanks infonya.

      Hapus
  5. makasih infonya, saya juga mau instàll, namun tanda tanya apa iya core 2 duo kuat pakai win 10, ternyata mas bro sudah mencobanya, sekali thanks infonya

    BalasHapus
  6. Core 2 duo pasti kuat
    Soal nya saya di intel atom n270 yang cuma 1 core 2 thread 1.60 ghz aja bisa

    BalasHapus
  7. windows 10 litle saja

    saya instal windows 7 di netebok malah lebih ringan windows 8 litle dan windows 10 litle. tapi sayangnya w10 tidak suport driver di notebook saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. driver graphic ya? memang nggak ada driver yg support windows 10. Netbook ku pernah kucoba windows 10 tidak ada driver graphic yg cocok. akalau driver yg lain masih bisa. Akhirnya kembali pake win 7 saja. Pada dasarnya perangkat jadul didesain untuk OS terbaru pada masanya. Kalau boleh tau merk dan spek notebooknya apa ya?

      Hapus
  8. Saya pakai versi terbaru lumayan lancar selama ini mas, ram nya pun cuma 2 gb . 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spesifikasinya apa ya kalau boleh tau? mungkin kamu pakai windows 10 versi lite

      Hapus
  9. Instal office 2013 lancar gak ya bang

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai dengan topik postingan. Tips: Centang "Notife me" atau "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan lewat email jika ada balasan.