Langsung ke konten utama

Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool dan Akun Osu! Saya Hampir Dihack

Halo semuanya! Saya akan menceritakan pengalaman saya tentang mendaftarkan blog saya ke Google Webmaster Tool dan akun osu! saya mau dihack. Kemarin saya mendaftarkan blog saya ke Google Webmaster Tool. Tujuannya agar blogku dapat ditemukan di mesin pencari Google.

Kemarin sebelum saya mendaftarkan blog saya ke Google Webmaster Tool saya baca-baca dulu tutorial di internet cara mendaftarkan blog/website ke mesin pencari Google. Saya pahami caranya. Pertama kunjungi situs Google Webmaster Tool lalu login dengan akun Google. Saya sudah punya akun Google jadi saya sudah langsung login. Terus saya masukkan url blog saya lalu saya verifikasi. Pas mau saya verifikasi ternyata sudah langsung terverifikasi tanpa saya masukkan kode html untuk verifikasi bahwa ini blog milik saya. Ini betulan. Saya cerita berdasarkan pengalaman saya. Setelah selesai, saya masih harus mengirim sitemap atau peta situs. Saya coba cari di internet cara mengirim sitemap. Awalnya saya sempat kesulitan mengirim sitemap. Saya sempat mengalami kegagalan saat mengirim sitemap. Karena sudah larut malam, pikirnya saya lanjutkan saja besok. Tapi saya tidak menyerah begitu saja. Saat itu sudah hampir jam 1 pagi. Saya coba cari di Youtube cara mengunggah sitemap. Akhirnya saya menemukan caranya dan saya coba pelajari caranya lalu saya praktekkan seperti yang ada di video tutorial itu. Saya pakai sitemap generator untuk mendapatkan kodenya. Saat saya mencoba mengunggah sitemap blog saya ternyata berhasil. Akhirnya saya lega. Saya tunggu seminggu kemudian untuk mendapatkan hasilnya setelah blog saya didaftarkan di mesin pencari Google. Siapa tahu statistik kunjungan blog saya meningkat. Tujuan saya mengunggah sitemap agar blog saya diindeks dengan baik oleh Google. Karena sudah berhasil, saya pun akhirnya bisa tidur.

Keesokan harinya, saya bangun jam 6 lebih. Saat itu saya masih ngantuk karena kemarin saya mencoba mendaftarkan blog saya ke Google Webmaster Tool atau Google Search Console. Ternyata masalah lain muncul. Ini tidak ada hubungannya dengan blog saya. Pas saya buka Gmail di HP saya, saya dapat email dari Osu! bahwa saya mereset password akun Osu! saya. Saya dikirimi kode verifikasi untuk mereset password. What the hack! Email tersebut dikirim jam 3 pagi. Saat itu saya masih tidur. Pasti ada seseorang yang mencoba membajak akun osu! saya. Karena saya panik, setelah saya mandi, saya langsung buka HP dan login akun osu! saya di website resminya. Ternyata saya masih bisa login. Setelah login, saya pun segera mengganti password akun osu! saya untuk mengantisipasi atau mencegah akun saya dihack. Saya beri password yang agak susah atau kuat. Akhirnya masalah selesai. Untung saja nggak sampai dihack.


Saya juga memberikan bukti screenshot email dari osu!. Kamu bisa lihat sendiri tanggal dan jam berapa email itu dikirim.

Itu saja pengalaman yang bisa saya berikan kali ini. Maaf kalau ada kesalahan. Arigato Gozaimasu!

Komentar

  1. pelajaran yg berharga... kalau saya sih..patokannya situs google aj..

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai dengan topik postingan. Tips: Centang "Notife me" atau "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan lewat email jika ada balasan.