Langsung ke konten utama

PC Desktop vs Laptop Mana yang Lebih Baik?

Komputer adalah sebuah alat pengolahan data. Komputer ada 2 jenis yaitu PC desktop dan laptop. Apa saja perbedaannya? Inilah perbedaan PC desktop dan laptop serta kelebihan dan kekurangannya.

PC Desktop


PC desktop merupakan salah satu perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa gabungan komponen-komponen terpisah. PC desktop biasanya terdiri dari PC/CPU, monitor, keyboard, mouse, dll. Didalam PC terdapat beberapa komponen/spare part terpisah yang dirakit menjadi satu kesatuan yang terdiri dari motherboard, processor, RAM, harddisk, VGA, DVD-RW, LAN card, PSU, dll. Biasanya PC desktop dirakit sendiri atau dirakitkan teknisi komputer. Kelebihan dari PC desktop adalah lebih mudah dirakit. Selain itu komponen PC desktop juga lebih mudah diupgrade. Jadi bagi kamu yang ingin upgrade PC misalnya upgrade VGA kamu tinggal membuka casing dan mengganti VGA cardnya saja tanpa harus membeli PC lagi. Saya sendiri juga pernah upgrade PC saya. Saya mengupgrade RAM dan processor.

Baca juga: Upgrade PC

Selain itu kelebihan lainnya adalah lebih murah. Lumayan buat kamu yang ingin punya komputer tapi bugdet pas-pasan. Meskipun spesifikasi PC dan laptop sama namun harganya berbeda bahkan beda jauh. Coba saja bandingkan harga PC dengan processor core i5 dengan laptop core i5 juga. Harganya pasti jauh lebih murah PC desktop. Selain itu performa PC desktop juga lebih maksimal dibandingkan laptop meskipun seri processornya sama. Jadi PC desktop cocok buat gamer atau editor video dikarenakan performanya lebih bagus.

Kekurangan dari PC desktop adalah tidak bisa dibawa kemana-mana dikarenakan PC desktop tidak didesain untuk dibawa kemanapun karena bukan perangkat mobile. Jadi jika kamu membutuhkan mobilitas maka PC desktop tidak cocok buat kamu. Selain itu kita juga harus menghubungkan monitor, mouse, keyboard ke PC agar bisa digunakan. Misalnya jika tidak ada monitor maka sama saja PC tidak bisa digunakan. Kekurangan lainnya adalah PC desktop lebih boros daya. PC desktop juga memakan lebih banyak ruang dibandingkan laptop yang ukurannya lebih kecil. Jika memiliki kamar yang sempit dan kecil PC desktop sangat tidak recommended buat kamu. Selain itu PC desktop juga harus selalu terhubung dengan listrik. Karena jika mati lampu, PC akan langsung mati mendadak. Kebetulan pas saya nulis artikel ini tiba-tiba mati lampu dan PC saya langsung ikut mati. Akhirnya ngeblog jadi terganggu. Jadi disarankan pakai UPS atau stabilizer agar PC tidak cepat rusak karena sering mati lampu. Lain halnya ketika menggunakan laptop karena laptop menggunakan baterai jadi laptop tetap bisa digunakan meskipun mati lampu.

Laptop


Laptop adalah komputer yang mudah dibawa ke mana-mana. Adapun beberapa jenis laptop diantaranya: notebook, netbook, hybrid, desktop replacement, dll. Kelebihan laptop adalah mudah dibawa ke mana-mana karena bentuknya lebih ringkas. Ini jelas karena laptop memang didesain untuk keperluan mobile. Selain itu laptop juga lebih hemat daya dan dilengkapi dengan baterai. Dikarenakan bentuknya yang ringkas, laptop juga menggunakan lebih sedikit ruang daripada PC desktop yang membutuhkan banyak ruang. Ini cocok untuk kamu yang tinggal di kos-kosan yang kamarnya kecil dan sempit. Jika kamu membeli laptop maka kamu berarti membeli satu sistem komputer. Mengapa demikian? karena laptop sudah terdapat layar, keyboard, touchpad, bahkan webcam. Tidak seperti PC desktop yang komponennya dibeli secara terpisah termasuk peripheral seperti monitor, mouse, dll.

Kekurangan laptop adalah harganya lebih mahal. Harga laptop baru yang paling murah adalah sekitar 3 jutaan. Itupun baru dapat processor celeron. Sedangkan PC desktop 3 jutaan sudah dapat core i3 atau ryzen 3. Selain itu performa laptop tidak sebagus PC desktop meskipun seri processornya sama. Kekurangan lainnya adalah tidak bisa upgrade processor dan GPU. Kalau RAM dan storage masih bisa diupgrade (tapi harus diupgrade di service center, jika diupgrade sendiri, garansi hangus). Sedangkan processor dan GPU tidak bisa diupgrade karena sudah tertanam di dalam motherboard. Laptop juga susah dibongkar pasang. Tidak seperti PC desktop yang mudah dirakit ataupun dibongkar. Selain itu jika dibongkar atau diperbaiki sendiri garansi juga akan hangus.

Itulah perbedaan PC desktop dan laptop. Kalau mana yang lebih bagus ya itu kembali ke kamu sendiri apa kebutuhanmu. Kalau kamu mobilitasnya tinggi dan menggunakan komputer untuk kegiatan ringan maka laptop bisa menjadi pilihan kamu. Tapi kalau kamu seorang gamer atau editor video yang lebih mengutamakan performa PC desktop jauh lebih baik. Kalau bagi saya PC desktop lebih baik. Kalau kamu bagaimana? tulis di kolom komentar.

Komentar