Langsung ke konten utama

Perbedaan Blog Gado-Gado dan Blog Niche


Blog adalah website yang berisi postingan berupa tulisan-tulisan dan biasanya dimiliki oleh seseorang. Blog dibagi menjadi 2 jenis yaitu blog niche dan blog gado-gado. Apa perbedaannya?

Blog Gado-Gado
Blog gado-gado atau blog random merupakan blog yang berisi berbagai tema atau topik. Jenis blog ini membahas berbagai topik di setiap postingannya. Misalnya postingan 1 membahas tentang komputer, postingan berikutnya membahas tentang anime, dst. Jadi temanya bisa bermacam-macam dan tidak bergantung pada satu tema saja. Ini menjadi keuntungan bagi blogger pemula karena bebas menulis apa saja tanpa tergantung pada satu tema dalam blog. Seperti saya ini sejak saya membuat blog ini saya jadi langsung bisa lebih leluasa menulis apa saja tanpa ketergantungan satu tema saja. Mereka yang membuat blog gado-gado biasanya bertujuan untuk mencapai kepuasan mereka sendiri. Saya sendiri pernah mengalami hal seperti ini dimana saya kepikiran satu topik sehingga saya buatkan postingan tentang topik tersebut agar saya puas. Selain itu blog gado-gado juga lebih ramai dikunjungi karena temanya beragam. Namun kekurangannya adalah kesulitan dalam mendapatkan pengunjung setia karena tema/topiknya beragam. 

Blog Niche
Blog Niche adalah blog yang hanya fokus ke satu tema saja. Ini merupakan kebalikan dari blog gado-gado yang fokus ke berbagai topik. Misalnya blog anime yang membahas anime. Blog Niche ini setiap postingannya hanya fokus/tertuju pada satu topik saja. Kelebihan dari blog niche ini adalah lebih mudah mendapatkan pengunjung setia. Dikarenakan hanya tertuju pada satu tema hal inilah yang membuat pengunjung lebih betah mengunjungi blog niche bahkan menunggu update blog niche. Kekurangannya adalah dikarenakan blog niche hanya membahas satu topik saja maka blogger akan kesulitan membuat postingan dikarenakan blog niche harus membahas topik tertentu dan tidak boleh melenceng dari topik tersebut. Yang membuat kesulitan adalah terbatasnya ide dalam membuat postingan. Saya sendiri saja pernah mengalami ini sebelum blog ini dibuat. Dimana saya tidak bisa bebas membuat postingan di blog pertama saya dikarenakan blog saya yang satunnya difokuskan membahas anime. Untuk link blognya ada di daftar blog saya. Pada saat itulah akhirnya saya membuat blog lagi yang temanya gado-gado.

Kesimpulannya adalah blog gado-gado memiliki beragam topik sedangkan blog niche hanya tertuju pada satu topik saja. Bagi kamu yang ingin memulai blogging atau blogger pemula saya sarankan membuat blog gado-gado karena bisa bebas membuat postingan tanpa terikat pada satu topik saja.

Itulah perbedaan blog gado-gado dan blog niche. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Semoga bermanfaat.

Komentar