Langsung ke konten utama

Review HUION H420 untuk Bermain Osu!


Minna-san! Bagi pemain Osu! seperti saya pasti tidak lengkap kalau tidak ada pen tablet untuk bermain osu!. Kalau tidak ada pen tablet masih bisa main osu! pakai mouse tapi hasilnya kurang maksimal. Saya punya rekomendasi pen tablet bagi kamu yang sedang mencari pen tablet hanya untuk bermain osu! saja. Nggak usah mahal-mahal untuk mencari pen tablet hanya sekedar bermain osu!. Saya merekomendasikan Huion H420. Harganya cuma 300 ribuan. Linknya ada di akhir postingan ini.




Di dalam boxnya terdapat pen, ujung pen dan alat untuk mencabut ujung pennya, tablet, kabel USB untuk menghubungkan tablet ke komputer, buku manual, kalau ada sama CD drivernya. Kebetulan saya tidak mendapat CD drivernya tapi saya mendapatkan kartu mirip CD yang bertuliskan website untuk mendownload driver. Solusinya download drivernya di website resminya. Jadi drivernya download sendiri.


Pada bagian belakang boxnya tertulis bahwa HUION H420 support Windows 7 ke atas. Namun, pen tablet ini masih support Windows XP dengan driver versi lawas(driver terbaru tidak kompatibel di Windows XP). Komputer saya pakai Windows XP Professional x64 Edition. Ternyata pen tablet ini masih bisa digunakan di Windows XP. Saya sudah mencobanya sendiri untuk bermain osu!. Bagi kamu yang masih menggunakan Windows XP tidak perlu upgrade Windows agar HUION H420 ini bisa digunakan.


Pengaturan Driver HUION H420

Pada tabletnya ada alas untuk menggerakan pennya dan terdapat 3 buah tombol yang fungsinya mungkin untuk mengontrol atau apalah. Maklum masih newbie soal pen tablet. Selain itu ada port USB pada bagian pinggir sebelah kiri tablet tersebut. Tapi portnya berbeda dengan port usb yang biasanya ada di smartphone. Jadi kalau kabelnya rusak, ya ganti baru. Di bagian pennya terdapat 2 tombol yang fungsinnya mungkin untuk klik kanan atau semacamnya. Selain itu ada tombol yang mirip cetekan pulpen pada umumnya sebagai saklar untuk menghidupkan atau mematikan pen tersebut. Ujungnya pun bisa diganti dengan cara membuka bagian depan pen lalu mencabut pakai alat pencabut yang disediakan lalu menggantinya dengan ujung pen yang baru. Di dalam pen terdapat tempat baterai AAA sebagai sumber listriknya agar bisa dipakai.

Selain itu, pennya juga harus ada baterai AAA agar bisa digunakan. Baterainya juga beli sendiri. Setelah saya pasang baterainya langsung saya coba dekatkan ujung pennya ke tablet itu. Ternyata kursornya bergerak menandakan pen tablet itu bisa dipakai. Akhirnya saya coba buka osu! lalu saya coba mainkan pakai pen tablet. Namun karena saya belum pernah main pakai pen tablet dan baru pertama kalinya saya sempat merasa kesulitan saat bermain osu! dengan pen tablet. Setelah beberapa kali saya coba baru saya mulai terbiasa bermain osu! di pen tablet. Ternyata bermain menggunakan pen tablet jauh lebih baik daripada bermain menggunakan mouse. Akhirnya saya nyaman menggunakan pen tablet ini untuk bermain osu!. Sudah sebulan saya menggunakan pen tablet ini. Pokoknya mantaplah.

Jadi kesimpulannya Huion H420 cocok untuk user pemula yang ingin belajar menggambar di komputer atau hanya sekedar bermain osu! saja karena harganya yang terjangkau. Saya sarankan pen tablet ini untuk kamu yang masih pemula yang ingin belajar menggambar atau merasakan bermain osu! dengan pen tablet tetapi dengan budget yang terbatas atau buat kaum kere seperti saya ini. 

Sekian review pen tablet Huion H420 kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Arigato Gozaimasu!


CATATAN: Saya tidak disponsori oleh Huion. Saya hanya merekomendasikannya saja.

Komentar