Langsung ke konten utama

5 Alasan Kenapa Kamu Tetap Bertahan Pakai OS Lawas

Halo semuanya! sudah lama saya tidak posting artikel tentang komputer. Kali ini saya akan memberikan alasan mengapa tetap pakai OS jadul seperti Windows 7 dan Windows XP. Padahal versi Windows tersebut sudah tidak lagi didukung oleh Microsoft. Tapi mengapa masih pakai OS tersebut? Mengapa tidak upgrade saja? Inilah alasan kenapa kamu masih pakai OS lawas.

1. Hardware Terlalu Jadul Untuk OS Terbaru
sumber:quora
Ini adalah salah satu alasan tetap pakai OS jadul. Karena hardware yang kamu gunakan sudah terlalu lawas untuk menjalankan OS terbaru seperti Windows 10. Misalnya kamu pakai processor Core 2 Duo. Karena processor tersebut dirilis tahun 2006-2009 yang notabene untuk Windows XP sampai Windows 7. Sedangkan Windows 10 dirilis tahun 2015 hingga sekarang masih dikembangkan. Tentu saja akan terasa berat jika menjalankan Windows 10 (versi terbaru) apalagi kalau RAM nya cuma 2 GB ke bawah. Apalagi kalau kamu masih pakai processor Pentium 4 ke bawah yang tentunya hanya punya 1 core saja. Kalaupun lancar menjalankan Windows 10 di hardware lawas tapi nggak sekencang saat pakai Windows 7 atau XP.

2. OS Lawas Lebih Ramah Penggunaan RAM dan Processor
Memang OS lawas lebih ramah terhadap RAM dan processor apalagi Windows XP. Saya sendiri saja bisa multitasking tanpa nge lag dan penggunaan processornya juga rendah. Kalau pakai Windows 10 khususnya yang versi terbaru paling baru buka 3-4 aplikasi saja sudah langsung penuh RAM nya karena Windows 10 sendiri sudah memakan lebih banyak RAM.

3. Masih Awam Terhadap OS Terbaru
Tampilan Windows 8 (sumber:downloadastro)
Mungkin karena kamu masih awam sehingga lebih betah pakai OS lawas karena tampilannya yang sederhana dan mudah dimengerti. Karena OS terbaru tampilan dan cara penggunaannya juga berbeda dengan OS lawas. Contohnya saja Windows 8. Tampilan desktopnya terlihat membingungkan terutama pada bagian start menunya yang sekarang berubah menjadi start screen. Ini yang membuat pengguna lebih memilih bertahan di Windows 7/XP.

4. Lebih Kompatibel Terhadap Software Lawas
Ini mungkin juga menjadi alasan tetap bertahan pakai OS lawas. Dikarenakan OS terbaru tidak bisa diinstal software lawas dan hanya kompatibel di OS lawas saja. OS terbaru tidak bisa diinstal software lawas.

5. Tidak Adanya Driver Untuk OS Terbaru
Driver dalam komputer sangat penting. Kalau nggak ada driver nggak bisa dipakai hardwarenya. Tidak tersedianya driver untuk OS terbaru menjadi salah satu alasan tetap pakai OS lawas. Contohnya saja driver VGA. Driver tersebut hanya kompatibel untuk Windows 7 saja. Tidak ada driver untuk Windows 10. Saya sendiri pernah mengalami pas saya coba instal Windows 10 di netbook saya. Saya sudah cari driver VGA netbook saya untuk Windows 10. Tapi ternyata tidak ada. Memang Intel GMA 3600 tidak ada driver resmi untuk Windows 10 dikarenakan VGA tersebut sudah terlalu jadul jadi Intel tidak membuatnya. Ujung-ujungnya balik lagi pakai Windows 7.

Itulah alasan kenapa tetap pakai OS lawas. Sebenarnya masih ada banyak alasannya. Terkadang kita punya alasan mengapa lebih baik pakai OS lama yang masa supportnya sudah habis daripada upgrade ke OS yang lebih baru. Saya tidak bermaksud menyalahkan kamu yang pakai Windows 10 di hardware lama. Kalau kamu mau upgrade ke Windows 10 di hardware lama juga silahkan. Itu semua kembali ke diri kamu masing-masing mau upgrade atau tetap pakai OS lama.

Komentar

  1. Saya masih bertahan pake win 7 karena alasan no 1 .... mungkin kalau PC nya sdh tewas baru rakit yang bisa win 10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah kalau masih pakai OS jadul. Kan yang penting komputernya masih bisa dipakai... Kalau processornya masih pentium 4 memang Windows 10 akan terasa berat.

      Hapus
  2. Kalo PC Lawas sih mendingan kasih Linux aja bang, banyak tuh distro ringan seperti lubuntu atau lxle, soalnya biar bisa jalanin software terkini walaupun bukan updetan terbaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga ya selain itu linux lebih aman daripada windows makanya rata rata server pake linux. Hacker juga kebanyakan pake linux

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai dengan topik postingan. Tips: Centang "Notife me" atau "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan lewat email jika ada balasan.