Langsung ke konten utama

Tidak Ada Gunanya Pasang Anti Adblock


Adblock adalah aplikasi yang digunakan untuk memblokir iklan yang mengganggu pengguna. Terkadang pengunjung blog atau website tidak suka dengan munculnya iklan yang mengganggu di website yang dikunjunginya. Dengan menyalakan Adblock, pengunjung tidak akan diganggu dengan iklan yang muncul di website tersebut. Namun, bagi para blogger yang ngeblog untuk mencari keuntungan dari penayangan iklan seperti Adsense, dll Adblock adalah musuh besar blogger. Ini wajar karena iklan yang ditayangkan tidak bisa tampil karena diblokir oleh Adblock. Karena penayangan Adsense adalah sumber penghasilan blog jadi pemilik blog atau web kesal kalau pengunjungnya menyalakan Adblock. Pemilik blog atau web menganggap menyalakan Adblock berarti tidak menghargai karyanya.
Anti Adblock (sumber:kangkode)

Untuk mencegah pengunjung menyalakan Adblock di blog atau website mereka maka pemilik memasangkan script Anti Adblock di blog mereka. Ini bertujuan agar pengunjung memaksa melihat iklan di blog mereka. Sudah banyak tutorial cara memasang Anti Adblock di internet. Cara kerja dari Anti Adblock tersebut adalah dengan menampilkan notifikasi atau menutupi seluruh blog jika pengunjung terdeteksi menyalakan Adblock. Parahnya tulisan yang ada di notifikasi tersebut membuat pengunjung jengkel bahkan menggunakan kata-kata yang ngegas. Notifikasi tersebut akan hilang jika pengunjung mematikan atau memasukkan alamat website ke whitelist.

Artikel ini merupakan tanggapan saya dari seorang blogger yang mengkritik pemilik website yang memblokir pengguna Adblock. Karena banyaknya iklan di website yang mengganggu dimana-mana terutama saat mendownload software bajakan atau yang lainnya apalagi sampai tidak sengaja terpencet membuat pengguna kesal sehingga menjadi alasan untuk menyalakan Adblock agar iklan yang mengganggu tersebut tidak muncul.

Semakin banyaknya pengguna memasang Adblock membuat pemilik website kesal karena iklannya tidak tampil karena diblokir Adblock. Pemilik website memasang Anti Adblock untuk memblokir pengguna Adblock dengan notifikasi yang menutupi seluruh halaman.

Tapi apakah dengan memasang script Anti Adblock pengguna akan mematikan Adblocknya? Jangan berpikir mereka akan melakukannya. Mereka juga pintar bahkan lebih pintar daripada pemilik website yang memasang Anti Adblock. Daripada mematikan Adblock lebih baik mereka mencari situs yang lain. Lagipula artikel di website tersebut belum tentu benar. Kalau Adblocknya dimatikan tapi artikelnya ternyata sampah kan rugi. Ngapain juga harus dimatikan.

Anda sebagai pemilik situs tidak ada gunanya memasang Anti Adblock di situs anda! Anda hanya menekankan penghasilan tanpa memperhatikan kenyamanan pengunjung situs. Anda mau dihargai tapi malah membuat pengunjung marah karena notifikasi Anti Adblock yang anda pasang apalagi ditambah dengan kata-kata kasar yang tidak mengenakan. Dengan anda memasang Anti Adblock di website atau blog anda berarti anda adalah orang yang biadab karena membuat pengunjung kesal. Mereka dipaksa melihat iklan mengganggu yang anda tayangkan apalagi kalau iklannya tidak senonoh.

Apakah hanya anda saja yang berhak dihargai? pengunjung website anda juga punya hak untuk dihargai. Mereka menyalakan Adblock bukan berarti tidak mau menghargai anda. Mereka hanya butuh pengalaman terbaik mengunjungi situs anda.

Mencari keuntungan lewat blog/website boleh tapi kenyamanan pengguna harus diperhatikan. Jangan malah memaksa melihat iklan demi keuntungan semata. Memasang Anti Adblock di blog hanya akan merusak reputasi blog secara tidak langsung karena banyak pengguna Adblock langsung meninggalkan blog tersebut.

Sekali lagi tidak ada gunanya memasang Anti Adblock. Bahkan ada program yang mengatasi Anti Adblocker yaitu Anti-Adblock Killer. Program tersebut akan menghilangkan notifikasi Anti Adblock yang muncul di website tersebut sehingga pengguna Adblock bisa membuka website tersebut tanpa diharuskan menonaktifkan Adblock.

Komentar

  1. Yang pasang anti adblock jiwa sosialnya perlu dipertanyakan... giliran TV Iklannya berjubel nggak pernah protes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! mereka yang pasang anti adblock berarti mereka tidak punya hati. Mereka hanya menekankan penghasilan tanpa memperhatikan kenyamanan pembaca apalagi sampai menggunakan kata-kata yang membuat pengunjung kesal.

      Hapus
  2. Betul sekali. memakai script anti adblock secara tidak langsung mengurangi traffic jumlah pengunjung situs karena mereka kesal. mereka yg memasang script itu hanya mementingkan uang saja. Karena pengunjung merasa terganggu akhinya tidak ingin ke situs itu lagi

    BalasHapus
  3. betul sekali. maaf tadi saya nggak sengaja kepencet tombol hapus. untung ada halaman konfirmasi dulu di blogger sebelum menghapus komen. terus saya klik batal 😁😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar sesuai dengan topik postingan. Tips: Centang "Notife me" atau "Beri tahu saya" untuk mendapatkan pemberitahuan lewat email jika ada balasan.