Langsung ke konten utama

Tutorial Install Windows 10


Bagi yang baru beli PC atau Laptop yang belum ada OS nya atau pingin upgrade Windows atau instal ulang Windows tapi tidak tahu cara instal Windowsnya kali ini saya akan memberikan tutorial cara install Windows 10. Versi Windows 10 yang saya gunakan adalah Windows 10 Pro versi 1511. Untuk versi Windows 10 diatasnya mungkin caranya agak berbeda tapi pada dasarnya sama.

Baca juga : Review Windows 10 di Komputer Core 2 Duo E8400 Kuatkah?

Sebelum menginstal Windows 10, alangkah baiknya untuk mengecek spesifikasi PC anda. Jika processor PC anda jadul masih menggunakan Pentium Dual Core ke bawah, maka tidak dianjurkan instal Windows 10. Processor minimum untuk Windows 10 adalah Core 2 Duo (untuk Windows 10 versi lawas). Setelah processor, RAM juga perlu diperhatikan. RAM minimum untuk Windows 10 adalah 1GB untuk 32 bit dan 2GB untuk 64 bit. Saya merekomendasikan 2GB unutk 32 bit dan 4GB untuk 64 bit agar nggak ngelag.

Langsung saja ke tutorialnya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk menginstal Windows 10?
1. Installer Windows 10 dalam bentuk DVD/USB Flashdrive
2. PC yang akan diinstal Windows 10

Langkah-langkahnya :

  1. Pertama-tama nyalakan PC lalu masuk ke BIOS terlebih dahulu dengan cara menekan tombol Del atau F2 atau ESC. Setiap brand motherboard berbeda-beda cara masuk ke BIOS nya tergantung motherboard yang kalian gunakan.
  2. Setelah masuk BIOS, Ubah boot pertama menjadi DVD atau USB Flashdrive. Tampilan menu BIOS setiap brand motherboard berbeda-beda.
  3. Setelah itu, keluar dari BIOS dengan cara menekan F10 untuk menyimpan settingan BIOS.
  4. Jika muncul tulisan "Press any key to boot from CD or DVD/USB", tekanlah sembarang tombol untuk boot ke Installer Windows 10.
  5. Kemudian muncul logo Windows. Tunggu sampai masuk ke Windows Setup.
  6. Jika sudah masuk ke Windows Setup, kita hanya mengubah "Time and currenty format" ke Indonesia atau biarkan menggunakan settingan default lalu klik next.
  7. Lalu klik "Install now".
  8. Tunggu beberapa saat lalu klik "I accept the license terms" dan next.
  9. Pilih "Custom: Install Windows only (advanced)".
  10. Sekarang kita ke bagian partisi. Disini kapasitasnya HDD nya 50 GB (ini hanya contoh). Kita akan membaginya menjadi 2 partisi. Partisi C untuk tempat sistem Windows disimpan sedangkan D untuk data. Kita klik Next lalu tuliskan kapasitas drive C yang diperlukan lalu klik Apply.

  11. Jika kalian menginstal ulang Windows, hapus partisi C dan system reserved (jika ada).
  12. Jika ada pesan seperti ini, klik OK.
  13. Sekarang klik "Unallocated Space" lalu klik New. Kali ini langsung klik Apply. Ini untuk membuat partisi D. 
  14. Jika di HDD kalian sudah ada partisi data sebelumya (Biasanya ada di Partition 3 dst) Jangan diutak-atik agar datanya tidak terhapus. 
  15. Sampai di sini kita klik partisi 2 (Drive C:) lalu klik Next.
  16. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  17. Setelah itu, Windows akan merestart dengan sendirinya. Jika ada tulisan "Press any key to boot from CD or DVD/USB" lagi, kali ini biarkan saja. Jangan menekan sembarang tombol.
  18. Kemudian proses instalasi masih berlanjut. Lalu Windows merestart lagi untuk kedua kalinya. Jika ada tulisan "Press any key to boot from CD or DVD/USB" lagi, biarkan saja.
  19. Sampai sini kita klik "Use Express settings".
  20. Masukkan nama PC anda. Kalau perlu, masukkan password. Lalu klik next.
  21. Setelah itu, tunggu hingga muncul tampilan desktop Windows 10 untuk pertama kalinya.
  22. Selamat! Windows 10 berhasil diinstal di PC anda.

Tips : 
Setelah selesai instal Windows, masih ada proses yang harus diselesaikan agar Windows 10 bekerja maksimal. Kita harus menginstal driver yang dibutuhkan seperti vga, chipset, LAN/WiFi adapter, sound, dll. Setelah itu, kita juga perlu menginstal software-software yang dibutuhkan seperti Office, Antivirus, Photoshop, Pemutar musik/video, dll.

Untuk Windows 10, jika anda mengaktivasi Windows dengan crack seperti KMS, saya sarankan untuk mematikan update dengan software Win Update Stop. Tujuannya agar tidak terdeteksi bajakan oleh Microsoft. Jika anda punya budget lebih, saya sarankan beli lisensi original.

Itu tadi cara menginstal Windows 10 versi 1511. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Semoga bermanfaat.

Komentar