Langsung ke konten utama

Perbedaan PC Rakitan dan PC Built Up

Mengapa ada PC rakitan? Mengapa ada PC built up? Apa perbedaannya? Pada postingan kali ini saya akan membahas perbedaan PC rakitan dan PC built up. Sebelumnya saya sudah membuat postingan tentang perbedaan PC Desktop dan Laptop. PC Desktop masih dibagi lagi menjadi 2 yaitu PC rakitan dan PC built up. Apa yang membedakan keduanya?


PC Rakitan

PC rakitan (sumber : mall13.com)
PC rakitan adalah PC yang dirakit sendiri atau dirakitkan penjaga toko. Merk spare partnya campur mulai dari motherboard, RAM, HDD, VGA, PSU, dll. Kelebihan dari PC rakitan adalah kita bisa bebas menentukan spesifikasi PC kita sesuai keinginan dan budget yang kita punya. Kita juga bebas upgrade PC misalnya upgrade processor, RAM, VGA, dll. Karena komponennya kita pilih sendiri, performa PC rakitan lebih bagus daripada PC built up. Kelebihan lainnya adalah harga PC rakitan lebih murah daripada PC built up meskipun spesifikasinya sama. Itulah alasan gamer atau editor video memilih PC rakitan. Selain itu, jika komponen PC rusak tinggal ganti komponen yang rusak saja. Untuk garansinya setiap komponen PC rakitan punya masa garansi yang berbeda-beda dan terpisah. Kekurangan dari PC rakitan adalah kualitasnya tidak terjamin jika dibandingkan dengan PC built up karena dirakit sendiri.

PC Built Up

PC built up (sumber: asikandroid.com)
PC build up adalah PC yang diproduksi oleh perusahaan IT seperti Acer, Asus, Lenovo, Dell, HP, dll. PC built up dirakit oleh orang-orang professional di pabrik. PC built up biasanya lengkap dengan peripheral seperti mouse, keyboard, dan monitor. PC built up biasanya juga sudah disediakan Windows original versi OEM. Jadi kita tidak perlu khawatir dengan crack-crackan atau menggunakan crack. Kualitas dari PC built up lebih terjamin karena dirakit oleh orang-orang professional yang sudah berpengalaman. Kelebihan lainnya adalah PC built up lebih simple karena kita tinggal beli PC nya lalu tinggal colok-colok langsung bisa dipakai. Selain itu masa garansinya biasanya 2 atau 3 tahun dan sudah termasuk semua komponen PC. Jadi misalnya kalau salah satu komponen PC kita rusak kita bisa klaim garansi ke produsen PC built up sesuai merk PC kita.

Kekurangan dari PC built up adalah harganya lebih mahal. Ini dikarenakan kualitasnya lebih terjamin dan terdapat garansi. Selain itu performa PC built up juga tidak semaksimal PC rakitan. Kalau dari pabriknya spesifikasinya sudah seperti itu ya kita terima aja. Kita tidak boleh otak-atik. Kalau kita upgrade RAM atau VGA atau lainnya ya garansinya bakal hangus.

Itulah perbedaan PC rakitan dan PC built up. Kesimpulannya PC rakitan cocok buat kamu yang butuh performa maksimal tapi budget terbatas atau suka merakit PC sedangkan PC built up biasanya cocok buat komputer lab atau kantor atau kamu yang ingin beli jadi. Kalau saya sih mending PC rakitan karena harganya murah terus bisa custom. Kalau kamu pilih PC rakitan atau PC built up? Tulis di kolom komentar.

Komentar