Langsung ke konten utama

Akhirnya Rakit PC Baru Juga

Proses instalasi Windows 10 20H2 di PC baru

2 Bulan yang lalu saya rakit PC baru. Budgetnya sekitar 3 jutaan. Sebenarnya dari dulu saya sudah pernah buat rencana rakit PC baru. Namun karena harga kompinen PC akhir-akhir ini naik dan jadi makin mahal akhirnya saya mau tidak mau harus menyusun ulang rencana spare part yang harus dibeli. 

Baca juga:

Upgrade PC

Rencana Rakit PC Baru






Proci yang saya gunakan pada rakitan PC saya kali ini adalah AMD Athlon 3000G. Saya beli dengan harga 1.2 jutaan. Sebenarnya processor ini harganya hanya 800 ribuan. Itu sebelum harganya naik. Seandainya saya rakit PC dari dulu dengan processor ini saya bisa hemat sekitar 400-500 ribuan saya masih bisa beli HDD 1TB. Salah satu kelebihan processor ini adalah TDP nya yang hanya 35 watt saja. Processor ini hemat daya! 


Untuk motherboardnya saya pake ASRock A320M-HDV R4. Harganya sekitar 700-800 ribuan. Motherboard yang saya pakai ini sama seperti yang saya rencanakan dulu. 

RAM yang saya pakai adalah RAM dari Team Group yaitu Team Group Elite 4GB DDR4 2666. Saya beli 2 keping RAM 4GB DDR4 2666MHz jadi total RAM nya 8GB. Saya beli RAM ini di Enterkomputer dengan harga 400 ribuan untuk 1 kepingnya. Karena saya belinya 2 keping jadi 800 ribuan. Jadi settingan RAM nya dual channel.



Untuk power supply yang saya gunakan sebenarnya saya pake PSU biasa 400W merk Infinity tapi saya tidak tahu ini pure atau tidak namun PSU ini sudah cukup untuk mensupply komponen PC saya ini. Harganya sekitar 200 ribuan.

Untuk storagenya saya masih pakai HDD lama bekas PC lama saya kapasitasnya 320GB dan SSD 120GB. Sebenarnya SSD nya saya beli setahun yang lalu dan saya pakai di PC lama saya yg masih core 2 duo. Saya belinya baru juga SSD nya harganya waktu itu sekitar 300 ribuan. Karena saya masih pake HDD lama otomatis saya tidak perlu memindahkan data saya secara keseluruhan yang memakan waktu yang sangat lama karena ukurannya sangat besar. 

Untuk casingnya ya tentu saja diganti dong biar PC nya terlihat baru. Saya pakai casing simbadda sim V. Saya beli casingnya saja tanpa PSU bawaan. Harganya sekitar 200 ribuan. Kondisinya baru jadi bukan casing second. 

Oiya VGA nya gimana? Untuk VGA nya saya tidak pakai VGA card. Karena di dalam AMD Athlon 3000G sudah terdapat IGPU bawaan processor (Radeon Vega 3). Tapi ini sudah bisa dibuat main game dengan settingan resolusi 720p atau HD. VRAM nya 2GB namun karena ini IGPU jadi VRAM nya diambil dari RAM. Jadi RAM yang terpakai hanya 6GB. Sisanya untuk VRAM GPU. Namun bagi saya itu sudah cukup.

Bagaimana dengan mouse, keyboard, dan monitornya? Saya masih memakai yang sudah ada dulu karena kalau mengganti itu juga selain harus keluar uang lagi juga yg lama masih berfungsi dengan baik. Namun beberapa hari yang lalu saya membeli speaker PC yg kecil. Harganya cuma 75000 an saya belinya di suatu toko komputer di kota saya. 

Setelah 2 bulan sejak PC ini dirakit saya merasa PC ini lebih baik daripada PC lama yang saya pakai sebelumnya. Saya merasa puas meskipun pakai AMD Athlon 3000G. Dengan budget 3 jutaan rakitan ini masih lebih baik daripada rakit PC second yang lebih rentan masalah. Saya membuat artikel ini di PC baru saya ini.










Komentar